Yamaha Indonesia mengakui bahwa WR250 dipilih untuk membuka pasar trail mereka di Indonesia. "Membuka" di sini berarti memberi jalan pula bagi mereka yang masih ingin coba-coba, tidak langsung ekstrim terjun di lapangan tanah yang biasanya memakai motor trail non-legal special engine.
WR250 pun sejatinya menggunakan special engine, tetapi cenderung lebih ramah saat dikendalikan. Dengan membuka jalan untuk menyukai trail, Yamaha punya harapan untuk juga memasukkan model-model penjelajah medan non-jalan lainnya.
"Ya mudah-mudahan dengan hadirnya Yamaha WR250 ini sebagai trigger masuknya WR250 yang competition, dan seri lainnya dan memudahkan untuk pasar ini berkembang," kata M Abidin, GM After Sales & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.
Yamaha sendiri saat ini memiliki sejumlah trail 250 cc, mulai dari XT 250 yang berharga lebih murah, hingga kelas kompetisi YZ250F 249 cc DOHC 4-tak dan injeksi, serta YZ250 249cc liquid-cooled yang masih mengandalkan gerak 2-tak.
Sementara itu, Yamaha WR250R dibanderol dengan harga Rp 93 juta dan sudah berstatus on-the road Jakarta alias dilengkapi surat-surat resmi. Inilah yang membedakan trail baru tersebut dibanding motor-motor sejenis mengingat performa yang diberikan setara motor kompetisi.
Yamaha trail WR250R dipasangi mesin 4-tak DOHC, 4-valves, bertenaga maksimum 22,6 kW (30,29 HP). Tenaga itu diperoleh dengan putaran mesin yang bisa mencapai 10.000 RPM. Sementara itu, torsi maksimum 23,7 Nm pada 8.000 RPM.
(kpl/why/abe)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar